NEWSCAIRSCORE Berita Bola Terkini

Gol Hantu Qatar Berbuntut Panjang, India Mengadu ke FIFA

 

Cairscore – Matchday pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup A memepertemukan Qatar melawan India pada Selasa (11/6/2024) malam WIB. Bermain di Ahmad bin Ali Stadium, laga ini dimenangkan oleh Qatar dengan skor 2-1, tapi diwarnai kontroversi Qatar yang mencetak ‘gol hantu’ ke gawang India.

Qatar sendiri sebenarnya sudah memastikan diri lolos ke putaran ketiga sebagai juara Grup A. Di sisi lain, India masih berpeluang melaju ke putaran berikutnya, meski harus bersaing dengan dua tim lain, Kuwait dan Afghanistan yang berlaga pada pertandingan lainnya.

Tuan rumah Qatar dikejutkan oleh gol India yang dicetak Lallianzuala Chhangte di menit ke-37. Skor 1-0 untuk keunggulan India bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Qatar yang masih kesulitan untuk membongkar pertahanan India, hingga pada menit ke-73 bek Ayman Yousef Hafez bisa menyamakan kedudukan setelah golnya menuai kontroversi.

Gol ini tercipta lewat proses kemelut yang terjadi di muka gawang India. Bola pun tampak seperti sudah keluar arena sebelum diambil oleh bek Qatar, Hussein Ali yang berusaha membuat bola kembali masuk arena permainan.

Ayman yang berdiri tepat di muka gawang Qatar pun langsung menendang bola masuk ke dalam gawang menjadi gol. Protes keras yang dilakukan para pemain India tapi wasit Kim Woo-sung asal Korea Selatan memillih mengesahkan gol tersebut.

Setelah itu, kesolidan permainan India menjadi buyar dan menit ke-85, Qatar sukses membalikkan kedudukan menjadi 2-1 lewat gol Ahmed Al Rawi. Skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah menjadi hasil akhir laga ini.

Akibat kekalahan ini, India gagal melaju ke putaran ketiga. Satu tempat lainnya dari Grup A berhasil direbut oleh Kuwait yang pada pertandingan lainnya mengalahkan Afghanistan 1-0.

Kalyan Chaubey selaku presiden Federasi Sepakbola India (AIFF) mendorong FIFA dan AFC melakukan investigasi atas gol kontroversial yang dibuat Qatar saat menang atas India di laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup A Selasa 11 Juni 2024 malam.

“Kami sudah berkirim surat kepada Ketua Kualifikasi FIFA, Kepala Wasit AFC, Ketua Kompetisi AFC dan komisaris pertandingan. Hal itu perihal kesalahan pengawasan yang membuat kami gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia,” kata Kalyan Chaubey dikutip dari akun X Timnas India, @IndianFootball.

HOT NEWS

TRENDING

Timnas Indonesia U-19 Kembali Berjaya, Tekuk Kamboja 2-0

Piala AFF U-19 : Indonesia Pesta Gol 6-0 Tanpa Balas Atas Filipina

Laga Persahabatan, Manchester United Takluk 0-1 atas Rosenborg

Tantangan Timnas Indonesia di Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia Satu-satunya wakil Asia Tenggara di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Scroll to Top