NEWSCAIRSCORE Berita Bola Terkini

El Real Juarai Liga Champions Setelah Taklukan Dortmund 2-0

 

Cairscore  Real Madrid berhasil keluar sebagai juara Liga Champions 2023-2024 setelah mengalahkan Borussia Dortmund pada laga final di Wembley Stadium pada Minggu (2/06/2024) dini hari WIB. Los Blancos menuntaskan perlawanan Dortmund dengan kemenangan 2-0.  Gol Madrid tercipta dari Dani Carvajal dan Vinicius Junior pada babak kedua. 

Real Madrid memastikan diri meraih meraih gelar juara Liga Champions yang ke-15 pada tahun ini. Gelar ini sekaligus menjadi hadiah perpisahan yang manis untuk Toni Kroos yang memutuskan pensiun dari sepak bola.

Bermain terbuka dan saling jual beli serangan tersaji sejak awal laga Borussia Dortmund dan Real Madrid. Die Borussen mengambil inisiatif serangan pertama, tetapi Madrid berhasil lebih dominan dalam penguasaan bola sambil menunggu momen yang tepat untuk menusuk jantung pertahanan Dortmund. 

Hampir setengah jam berjalannya laga, Real Madrid mendominasi penguasaan bola sebesar 62 persen berbanding 38 persen untuk Borussia Dortmund. Namun, Dortmund lebih banyak menciptakan peluang, tercatat enam peluang mengarah ke gawang Madrid yang dijaga oleh Thibaut Courtois. Real Madrid hanya menciptakan dua peluang yang mengancam gawang Gregor Kobel.

Sampai habis 45 menit pertama, kedua tim masih bermain imbang dengan skor 0-0. Kedua lini pertahanan tim yang tampil di final ini, sama kuat dalam menjaga gawangnya agal tidak kebobolan.

Real Madrid meningkatkan intensitas serangan pada babak kedua. Baru empat menit berjalan, Los Blancos memiliki peluang lewat tendangan bebas Toni Kroos. Kiper Kobel berhasil menepis bola yang mengarah ke kiri atas gawang. Pasukan Carlo Ancelooti semakin banyak menekan dan mulai lebih banyak peluang yang tercipta.

Edin Terzic membuat perubahan dengan memasukkan Marco Reus dan mengganti Karim Adeyemi. Namun, Madrid justru berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-74. Carvajal berhasil menanduk bola memanfaatkan tendangan sudut Toni Kroos, yang tak bisa ditepis Kobel. Goooool, skor 1-0 untuk Madrid. 

Real Madrid tak mengendurkan tekanan setelah unggul. Jude Bellingham, Toni Kroos, Eduardo Camaviinga , dan Nacho silih berganti menciptakan peluang mengancam gawang Dortmund yang memaksa Kobel harus bekerja keras menyelamatkan gawangnya.

Die Borussen, yang terus berada dalam tekanan, akhirnya jebol lagi. Bellingham yang memanfaatkan kesalahan operan Matsen, melepaskan operan terukur ke Vinicius yang terlihat berdiri bebas. Tembakan mendatarnya tak bisa dijangkau Kobel. Gooool, skor 2-0 untuk Real Madrid. 

Dortmund sempat mencetak gol pada menit ke-87 lewat Fullkrug .Namun, gol itu dianulir setelah hakim garis menilainya sudah berada dalam posisi offside. Tak banyak peluang tercipta hingga enam menit masa injury time. Real Madrid mengunci kemenangan 2-0 atas Dortmund dan meraih gelar ke-15 Liga Champions sepanjang sejarah klub.  Selamat kepada El Real sebagai kampiun Liga Chamions 2023/2024.

HOT NEWS

TRENDING

Timnas Indonesia U-19 Kembali Berjaya, Tekuk Kamboja 2-0

Piala AFF U-19 : Indonesia Pesta Gol 6-0 Tanpa Balas Atas Filipina

Laga Persahabatan, Manchester United Takluk 0-1 atas Rosenborg

Tantangan Timnas Indonesia di Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia Satu-satunya wakil Asia Tenggara di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Scroll to Top