NEWSCAIRSCORE Berita Bola Terkini

Indonesia Satu-satunya Wakil Asia Tenggara di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

 

Cairscore Vietnam yang tergabung dalam Grup F, dipastikan gagal melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia setelah kemenangan Indonesia atas Filipina. Timnas Indonesia yang berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 membuat apa pun hasil Vietnam melawan Irak, dipastikan tidak akan bisa menyalip perolehan poin Skuad Garuda.

Vietnam sendiri harus menelan kekalahan 1-3  melawan Irak, pada laga yang dilangsungkan di Stadion Internasional Basra, sesaat setelah laga Indonesia kontra Filipina berakhir. Gol kemenangan Irak gol jarak jauh Hussein Ali di menit ke-12 dan Ali Jasim di menit ke-71 plus sontekan Aymen Hussein di injury time babak kedua. Vietnam hanya bisa memperkecil selisih gol lewat tembakan voli Pham Tuan Hai di menit ke-84.

Kemenangan Indonesia atas Filipina bukan hanya melambungkan nama Indonesia, tetapi juga memupus harapan Vietnam melaju ke babak ketiga lantaran harus puas dengan peringkat ketiga Grup F. Selain Vietnam dan Filipina, negara-negara wakil Asia Tenggara di putaran kedua, seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura, juga sudah dipastikan gugur.

Filipina, Myanmar, dan Singapura tersingkir terlebih dahulu dan menjadi juru kunci di grupnya masing-masing. Di Grup C, Thailand dipastikan gagal lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Walaupun memiliki poin yang sama dengan China yang finis di peringkat kedua, yaitu 8 poin, tapi Thailand kalah dalam head to head melawan China.

Di laga terakhir, Malaysia mengukir kemenangan atas Taiwan dengan skor 3-1. Tapi kemenangan ini belum mampu membuatnya sebagai runner up grup, karena Kirgistan mampu menahan imbang Oman dengan skor 1-1. Hasil tersebut membuat Kirgistan unggul 1 poin dari Malaysia, sehingga Malaysia juga harus puas finis di peringkat ketiga.

Semua hasil pertandingan pada Selasa lalu pun mengantarkan Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

HOT NEWS

TRENDING

Start Meyakinkan Erling Haaland Mengejar Hat-trick Top Score di Liga Inggris

North-West Derby, Manchester United Dibantai di Kandang 3-0 Oleh Liverpool

Haaland Kembali Cetak Hat-trick, Kali Ini West Ham United Jadi Korban Ketangguhan…

Premier League : Arsenal Ditahan 1-1 Oleh Brighton di Kandang

Kejutan Garuda Muda Mampu Taklukan Tim Tango U-20 2-1

Scroll to Top