NEWSCAIRSCORE Berita Bola Terkini

Tumbangkan Filipina 2-0, Timnas Indonesia Cetak Sejarah Baru

 

Cairscore – Stadion Utama Gelora Bung Karno bergemuruh saat Timnas Indonesia mampu menyudahi perlawanan Filipina 2-0. Tim Garuda dipastikan melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya setelah mengalahkan timnas Filipina pada laga yang berlangsung di SUGBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Shin Tae-yong kembali menunjukkan sentuhan prestasinya bersama Timnas Indonesia dengan kembali mengukir sejarah, setelah sebelumnya pada tahun ini berhasil menembus babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar dan semifinal Piala Asia U-23 2024.

Kali ini, Garuda menciptakan sejarah baru dengan melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya. Indonesia pernah bermain di putaran final Piala Dunia 1938, tapi saat itu masih bernama Hindia Belanda. Dan untuk format saat ini, Indonesia belum pernah melaju ke babak ketiga dengan laju terbaik sebelumnya terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1986, yaitu melaju ke putaran kedua.

Dua gol kemenangan Indonesia yang menentukan dicetak Thom Haye pada menit ke-31 dan Rizky Ridho pada menit ke-55 telah membawa Garuda secara mantap di posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan 10 poin. Posisi ini memastikan Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027, menemani pemuncak klasemen Irak yang sudah lolos terlebih dahulu.

Hasil laga pesaing terdekat Indonesia, yaitu Vietnam, sudah tak berpengaruh pada nasib The Golden Stars, yang kini di posisi ketiga dengan enam poin. Apapun hasil melawan Irak di Stadion Internasional Basra, Indonesia sudah mengunci lebih dulu posisi runner-up di Grup F dan tidak mungkin bisa terkejar oleh Vietnam.

Sebanyak 18 tim yang lolos di putaran ketiga akan dibagi tiga grup yang diisi enam tim dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia, untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Jikapun gagal menjadi juara dan runner up grup, Indonesia masih memiliki kesempatan lolos apabila menyelesaikan putaran ketiga di posisi ketiga atau keempat karena dua posisi itu akan memainkan putaran keempat dan kelima untuk memperebutkan dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket playoff.

HOT NEWS

TRENDING

Start Meyakinkan Erling Haaland Mengejar Hat-trick Top Score di Liga Inggris

North-West Derby, Manchester United Dibantai di Kandang 3-0 Oleh Liverpool

Haaland Kembali Cetak Hat-trick, Kali Ini West Ham United Jadi Korban Ketangguhan…

Premier League : Arsenal Ditahan 1-1 Oleh Brighton di Kandang

Kejutan Garuda Muda Mampu Taklukan Tim Tango U-20 2-1

Scroll to Top